Tips untuk wanita hamil

Diposting oleh Unknown on Jumat, 07 Desember 2012

Tips untuk wanita hamil - Masa kehamilan merupakan masa yang dinanti-nantikan oleh calon ibu. Disaat kehamilan banyak kegiatan dan pola makan yang perlu lebih di perhatikan. Karena anda tidak ingin kan kehamilan tersebut gugur,cacat atau bayi dan ibu menjadi tidak sehat? Oleh sebab itu anda harus menjaga kandungan dengan hati-hati dan memperhatikan pola makan dan pola hidup agar tetap sehat.

Dalam kondisi tersebut banyak pantangan yang perlu dijauhi atau diharamkan bagi para ibu hamil. Tips untuk wanita hamil lengkap yang berikut ini merupakan cara yang tepat agar kondisi si calon bayi dan sang calon ibu supaya tetap sehat. Berikut ulasan Gablenk untuk semua :

1. Selalu kontrol kehamilan ke dokter
Minimalnya setiap sebulan sekali untuk mengecek kondisi bayi dan ibu. Bila Anda mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan yang Anda alami, periksakanlah ke dokter, walaupun ini belum saatnya Anda harus kontrol kembali.

2. Konsumsi air putih
Air juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Tak heran bila kecukupan minum juga mampu menghindarkan Anda dari kemungkinan lahir prematur di semester ketiga kehamilan.
Pada masa kehamilan, ibu hamil akan banyak membutuhkan lebh banyak asupan air kedalam tubuh. Hal ini karena pada masa kehamilan akan lebih sering buang air kecil dan lebih berkeringat dari hari biasa saat tidak hamil. Bila minum air putih terlalu banyak terasa mual, bisa digantikan dengan buah yang dibuat jus, lebih segar dan tidak terasa hambar.

3. Penuhi kebutuhan gizi
Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan anak, asupan kalori per hari pada ibu hamil biasanya lebih besar 300 kalori dibanding kebutuhan pada saat tidak hamil. Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi dan folat. Konsumsi makanan yang bervariasi agar kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat terpenuhi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum susu (yang diformulasikan khusus untuk masa kehamilan), agar asupan nutrisi dapat lebih terjamin.

Makanan sehat ibu hamil

a. Makanan sehat yang mengandung karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa didapatkan dari bahan nasi, jagung, mie, roti, ubi dan kentang. Seorang wanita hamil memerlukan karbohidrat untuk kesehatan dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

b. Makanan sehat yang mengandung zat besi
Zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau, hati dan daging. Zat besi ini sangat diperlukan plasenta dalam kandungan. Melalui plasenta ini bayi dalam kandungan akan mendapatlan zat-zat gizi dan oksigen. Juga sebagai persiapan dalam proses melahirkan, yang akan banyak kehilangan banyak darah,

c. Makanan sehat yang mengandung Protein
Untuk mengganti sel-sel mati pada tubuh ibu hamil dan juga membentuk pertumbuhan janin dalam kandungan, tubuh sangat memerlukan banyak protein. Pada ibu hamil kebutuhan akan asupan protein meningkat menjadi 12gr untuk tiap kilogram berat tubuh. Sedang dalam kondisi normal, tidak sedang hamil, memerlukan 1 gr protein untuk tiap kg berat tubuh. Makanan yang mengandung bisa didapat dari tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, ikan dan juga daging.

d. Makanan sehat yang mengandung Vitamin
Pada ibu hamil juga sangat banyak membutuhkan asupan makanan yang banyak mengandung semua unsur vitamin. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin bisa dengan mudah didapat, seperti semua jenis sayuran hijau, buah segar, dan berbagai jenis lauk dari hewani maupun nabati.

Konsumsi vitamin Asam Folat.Mengkonsumsi vitamin Asam Folat 400 mikrogram perhari, sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama dalam kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Asam Folat ini juga penting diperoleh dari makanan yang mengandung Asam Folat seperti pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

4. Istirahat yang cukup
Tidurlah antara pukul 10 malam dan 6 pagi sesering mungkin. Kurang tidur menyebabkan “gangguan pada fungsi tiroid yang menghadapkan seseorang pada risiko kelebihan berat badan,” menurut The Body Clock Guide to Better Health, oleh Michael Smolensky, Phd., dan Lynne Lamberg. Tidur di tempat yang lebih terang dari kondisi gelap gulita, seperti suasana gua, akan berpotensi menghancurkan fase hormon dan ritme biologis seseorang.

Tips Tidur yang Baik untuk Wanita Hamil

a. Perbanyak Istirahat
Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

b. Tetapkan Jam Malam
Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

c. Tidur dengan Posisi Kepala dan Leher Terangkat.
Tidur dengan kepala dan leher diangkat dapat menurunkan asam lambung.

d. Hindari Mimpi Buruk
Pikiran yang penuh beban ketika pergi tidur kadang akan terbawa sampai ke mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

f. Gunakan Bantal Tambahan
Pada trimester pertama kehamilan, Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman ketika tidur.

g. Pakailah Bantal Panjang
Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

h. Tidur Miring ke Kiri
Pada trimester ketiga, cobalah untuk tidur miring ke kiri sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

i. Lakukan Aktivitas Kecil
Memasuki trimester ketiga, wanita hamil kadang tidak bisa tidur di malam hari. Lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

j. Atasi Kram Kaki
Wanita hamil kadang mengalami kram di kaki, untuk mengatasinya luruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki Anda ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Masa kehamilan menuntut wanita untuk lebih banyak beristirahat dan tidak stres karena hal ini akan menjamin pertumbuhan janin yang sehat. Hindarilah melakukan pekerjaan yang berat, olah raga yang teratur dan makan makanan yang bergizi.

5. Selalu jaga kebersihan
Cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah memegang daging mentah pada saat memasak atau setelah menggunakan kamar kecil. Karena dengan cuci tangan akan mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebakan penyakit.

6. Mempersiapkan kesehatan secara psikis
Kondisi psikis ibu dominan pengaruhnya terhadap perkembangan otak janin. Pada dasarnya emosi atau amarah. Menurut penelitian respon terhadap emosi akan mengakibatkan banjirnya hormon adrenalin yang akan diteruskan kepada janin melalui plasenta. Bila jumlahnya terlalu banyak akan membahayakan kondisi janin.

Selalu berfikir positif. Sungguh baik bila seorang ibu berpikir bahwa dirinya adalah seorang perempuan yang cantik, bersemangat, sehat, dan berkarakter. Tidak berselang lama tubuhnya akan mengikuti instruksi pemikiran ini, menurut literatur seperti What the Bleep dan The Secret, demikian juga penelitian air terkenal dari Dr. Emoto dan usulan The Blue Zone agar kita selalu menjaga pandangan positif dalam segala hal yang kita lakukan.

7. Menjaga kesehatan fisik
Menjaga kesehatan fisik adalah dengan cara mengatur emosi pada ibu hamil. Tenangkan hati dan pikiran dengan melakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik dan istirahat yang cukup. Jauhkan hal-hal yang dapat menimbulkan stress dan berpikirlah secara positif. Dalam hal ini dukungan dari orang-orang sekitar seperti suami sangat berpengaruh terhadap kesehatan psikis si ibu.

8. Tetap beraktifitas
Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun calon bayi. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki. Mengambil kelas senam hamil juga bagus, selain manfaatnya bagi ibu dan janin, para calon ibu di kelas tersebut dapat saling berbagi pengalaman dan menambah pengetahuan. Di sela-sela aktifitas, jangan lupa untuk istirahat yang cukup.

Olahraga Saat Hamil 
Apa olahraga saat hamil muda yang tepat dan tidak membahayakan kandungan ya? Ada pendapat, olahraga untuk ibu hamil itu jangan dilakukan. Sebenarnya justru sebaliknya, saat dalam masa kehamilan olah raga juga penting bagi calon ibu dan janin dalam kandungan. Banyak manfaat olahraga untuk ibu hamil, beberapa diantaranya misalnya membantu daya tahan tubuh saat masa kehamilan, menguatkan otot-otot yang diperlukan dalam masa persalinan dan bahkan bisa membantu mengembalikan kondisi fisik atau postur tubuh pasca melahirkan.

Olahraga saat hamil sebaiknya dilakukan pada usia kandungan awal, misalnya setelah anda merasakan tanda-tanda kehamilan, sampai usia 24 minggu. Pada tiga bulan terakhir masa kandungan sebelum melahirkan, fisik akan tidak mendukung karena perut sudah sedemikian membesar. Bisa juga saat kandungan tua, hanya melakukan gerakan ringan seperti jalan dan lainnya tetapi tidak dengan memaksakan gerakan.

Olah saat hamil harus terasa ringan dan tidak dipaksakan. Misalnya seperti jalan kaki, aerobik ataupun renang. Sebelum melakukan olah raga, ibu hamil harus melakukan pemanasan selama kira-kira 10 menit. Lakukan olahraga dengan waktu yang sedikit pada awalnya, misalnya selama lima menit pada minggu pertama. Dan pada minggu berikutnya ditambah waktunya lima menit, begitu seterusnya sampai batas 30 menit setiap harinya.

Pada usia kehamilan sudah melewati trisemester (tiga bulan) pertama, jangan melakukan olahraga dengan beban di punggung. Dan juga, bagi ibu hamil yang punya riwayat penyakit darah tinggi atau pernah terjadi kelahiran prematur sebelumnya, penyakit paru, tiroid dan jantung, jangan melakukan olahraga saat hamil. Itulah seputar masalah olahraga saat hamil, semoga kandungan anda sehat dan bayi lahir dengan selamat.

TAMBAHAN

Konsumsi cokelat. Kandungan theobromine di dalam cokelat hitam disinyalir dapat menstimulasi jantung, membuat otot-otot tubuh terasa lebih rileks, dan memperbesar pembuluh darah. Sehingga, bagi ibu hamil (bumil) dapat membantu mencegah komplikasi pada kehamilan yang dikenal dengan preeklamsia.

HAL YANG HARUS DIHINDARI

1. Ibu Hamil Tak Boleh Mengangkat Beban dan beraktifitas berat
Banyak nasehat dan pantangan yang disampaikan kepada ibu hamil demi kesehatan ibu dan janin, salah satunya larangan untuk mengangkat beban. Saat berbadan dua Anda memang harus lebih hati-hati saat mengangkat barang.

Selama kehamilan ligamen menjadi lebih goyang dan persendian menjadi kurang stabil, sehingga lebih mudah cedera. Membesarnya perut dan perubahan pusat gravitas menjadi ke depan, serta tekanan di bagian punggung bawah akan meningkat sehingga Anda lebih mudah keseleo.

Perubahan pusat gravitas juga menyebabkan berkurangnya keseimbangan sehingga risiko terjatuh menjadi besar. Padahal terjatuh adalah hal yang wajib dihindari ibu hamil karena bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan kelahiran prematur atau terlepasnya plasenta.

Karena itulah ibu hamil harus memperhatikan postur tubuhnya dan hindari mengerahkan tenaga secara berlebihan. Lebih baik mintalah bantuan orang lain jika Anda ingin mengangkat barang yang cukup berat.

2. Hindari rokok
Merokok - Tidak jauh berbeda, pantangan ibu hamil yang satu ini juga menjadi hal wajib untuk tidak dilanggar. Sudah banyak akibat yang sangat merugikan perihal akibat merokok bagi kesehatan, apalagi bagi ibu hamil.

Berhenti merokok bila Anda merokok atau janganlah menjadi perokok pasif, karena Anda sering menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, misalnya dari suami Anda. Asap rokok akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang, kematian si kecil dalam kandungan atau si kecil mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, dapat juga menyebabkan Anda mengalami keguguran.

3. Hindari kafein
Kafein terdapat pada kopi,teh dan minuman bersoda. Menurut penelitian kafein dapat menembus plasenta dan memasuki peredaran darah pada janin. Kafein mempunyai efek diuretik yaitu mengambil cairan dan kalsium yang sangat dibutuhkan janin dari tubuh, selain itu kafein dapat merusak suasana hati dan mengganggu istirahat bagi ibu hamil.

4. Hindari makanan cepat saji/penyedap
Hindari juga makanan cepat saji dan makanan yang mengandung penyedap, karena dapat menghambat perkembangan otak pada janin.

5. Hindari gorengan
Asam lemak trans yang terkandung dalam gorengan juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Pasalnya, konsumsi asam lemak trans pada ibu hamil dapat mengganggu asupan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh calon bayi. Sebuah studi menunjukkan, wanita di negara yang mengonsumsi asam lemak trans tinggi akan menghasilkan ASI dengan kadar asam lemak trans sebesar 2 persen hingga 5 persen dari total asam lemak susu. 

European Community Multicenter Study on Antioksidant Myocardial Infraction and Breast Cancer (EURAMIC) menemukan hubungan positif antara konsumsi asam lemak trans dengan kanker payudara pada wanita yang telah mengalami menopause.

6. Hindari Minuman Beralkohol 
Alkohol - Bukan sekedar salah satu pantangan makanan ibu hamil, kebiasan minum minuman beralkohol juga sangat merugikan kesehatan pada umumnya. Alkohol akan berpengaruh buruk untuk perkembangan janin dalam kandungan. Juga akan menimbulkan masalah secara emosional pada calon bayi.

Demikian tadi Tips untuk wanita hamil yang telah disusun secara lengkap dan tentu saja dengan harapan akan berguna serta bermanfaat buat sobat yang saat ini sedang memiliki istri hamil maupun buat sista yang kebetulan sedang mencari tips untuk wanita hamil.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Copyright © 2013. Gablenk - All Rights Reserved
In Collaboration With Cerita Dewasa | TV Dewasa
Modified by Babux Sandjaja | Powered by Blogger