Gletser Terindah di Dunia

Diposting oleh Unknown on Kamis, 06 Desember 2012


Gletser Terindah di Dunia - Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu yang lama. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi. Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada di daerah kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat di pegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.

1. Gletser Perito Moreno, Argentina
Gletser Perito Moreno terletak di Taman Nasional Los Glaciares, Provinsi Santa Cruz, Argentina. Merupakan tempat wisata paling penting di negara ini. Gletser ini terbentuk dari 250 km2 es , dan panjangnya 30 km (19 mil), merupakan salah satu dari 48 gletser deratan "Southern Patagonian Ice Field" yang terletak dalam sistem Andes bersama dengan Chile. Gletser ini merupakan cadangan air terbesar ketiga di dunia.


2. Gletser Biafo, Pakistan
Gletser Biafo merupakan gletser sepanjang 63 km di Pegunungan Karakoram (Pakistan) pada ketinggian 5.128 m (16.824 kaki) di Hispar La (Pass). Gunung es ini menghubungkan dua kerajaan kuno, Nagar (selatan Hunza) di barat dengan Baltistan di timur. Melintasi 51 dari 63 km Gletser Biafo dan semua Gletser Hispar untuk membentuk km 100 rute glasial.

Gletser Biafo menyajikan area trek yang sangat sulit karena batu sering berjatuhan dengan pemandangan spektakuler sepanjang dan Snow Lake dekat puncak. Snow Lake, terdiri dari bagian-bagian Gletser Biafo atas dan anak sungai Gletser Gang Sim, yang merupakan salah satu cekungan terbesar di salju dunia atau es di dunia luar kutub, sedalam 1.600 m (satu mil).

Gletser Biafo adalah gletser terpanjang ketiga dunia di luar kutub, kedua setelah Gletser Siachen (70 km) yang merupakan wilayah sengketa antara Pakistan dan India dan Fedchenko Glacier (77 km) di Tajikistan.

3. Glester Bay, Alaska
Merupakan taman nasional di Alaska. Pertama kali diproklamasikan oleh Monumen Nasional Amerika pada tanggal 25 Februari 1925. Kemudian berganti nama menjadi Gletser Bay dan pada 2 Desember 1980, dimasukan menjadi taman konservasi nasional oleh Alaska. Gletser ini berbatasan dengan taman nasional cagar alam Amerika Serikat di bagian tenggara barat. Pada tahun 1986 taman ini termasuk dalam taman nasional Internasional dan merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman ini mencakup 5.130 mil² (13.287 km²). Sebagian besar merupakan daerah padang gurun yang mencakup 4.164 mil² (10.784 km²).

4. Gletser Furtwangler, Tanzania
Terletak dekat puncak Gunung Kilimanjaro, Tanzania. Gletser Furtwangler merupakan sisa kecil dari es besar yang pernah dinobatkan menjadi puncak Gunung Kilimanjaro. Es ini telah mencair secara signifikan selama beberapa abad terakhir, antara 1912 sampai 2000, 82 persen dari es glasial di gunung telah menghilang. Keadaan seperti ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2020, bahkan ada yang memperkirakan semua gletser di puncak gunung akan habis, meskipun salju musiman akan terus menutup bagian yang lebih tinggi dari gunung selama beberapa bulan bahkan tahun. 

Gletser ini dinamai oleh Walter Furtwangler, yang bersama dengan Siegfried König, yang merupakan pendaki keempat yang naik ke puncak Kilimanjaro pada tahun 1912.Para ilmuwan pernah melakukan pengukuran pada tahun 1976 dan 2000, dan hasilnya, daerah Furtwangler hilang hampir separuhnya, dari 113.000 m² sampai 60.000 m². Pada penelitian awal tahun 2006, ilmuwan menemukan sebuah lubang besar di dekat pusat gletser.

5. Gletser Vatnajokull, Islandia
Vatnajökull atau danau gletser adalah gletser terbesar di Islandia. Terletak di tenggara pulau, mencakup lebih dari 8% dari luas negara tersebut. Dengan luas 8.100 km², menjadikan gletser terbesar di Eropa berdasarkan volume (3.100 km ³) dan yang terbesar kedua setelah Austfonna. Pada tanggal 7 Juni 2008, menjadi bagian dari Taman Nasional Vatnajökull.


Rata-rata ketebalan es 400 m, dengan ketebalan maksimum 1.000 m. Puncak tertinggi Islandia , Hvannadalshnúkur (2,109.6 m), terletak di pinggiran selatan Vatnajökull, dekat Taman Nasional Skaftafell.

6. Gletser Yulong, China
Gletser Yu Long telah surut terus sejak awal 1980-an, tetapi masih salah satu atraksi paling populer di Provinsi Yunnan. Tidak selalu mudah mengunjungi gletser ini. Dataran tinggi pendakian terakhir ke dek observasi membuat banyak pengunjung terengah-engah. Beberapa bahkan melakukan pendakian dengan botol oksigen kecil.


7. Gletser Fox and Franz Josef, Selandia Baru
Franz Josef adalah gletser sepanjang 12 km, terletak di Taman Nasional Westland di Pantai Barat, Selandia. Sedangkan gletser Fox 20km ke selatan. Daerah di sekitar dua gletser tersebut adalah bagian dari Te Wahipounamu, sebagai taman situs Warisan Dunia. Sungai yang muncul dari gletser Franz Josef dikenal sebagai Sungai Waiho.


8. Gletser Athabasca, Kanada
Merupakan salah satu dari enam kaki pokok lapangan es Columbia, terletak di Canadian Rockies. Saat ini gletser surut dengan kecepatan 2-3 meter per tahun dan telah surut lebih dari 1,5 km dalam 125 tahun terakhir dan kehilangan lebih dari setengah dari volumenya. Gletser bergerak turun dari lapangan es beberapa sentimeter per hari. Tepi gletser dapat ditempuh dengan jalan kaki tapi sangat tidak dianjurkan kecuali jika membawa perlengkapan yang memadai. Ada banyak jebakan di gletser ini yang telah menyebabkan banyak wisatawan tewas.

Gletser ini sekitar 6 km (3,75 mil), meliputi area seluas 6 km ² (2,5 mi²), dan terakhir diukur menjadi antara 90 meter (270 kaki) dan 300 meter (1000 kaki).

9. Gletser Pasterze, Austria
Panjangnya sekitar 8,4 kilometer (5,2 mil), adalah gletser terpanjang di Austria dan di Pegunungan Alpen Timur yang mencapai 3.453 meter (11.329 ft) Johannisberg untuk 2.100 meter (6.900 kaki) di atas permukaan laut. Terletak di pegunungan Tauern Hohe di Carinthia, di bawah gunung tertinggi Austria, Grossglockner. Pasterze dapat dicapai melalui Grossglockner dan kereta api yg digerakkan oleh tali.
Saat ini panjang gletser ini menurun sekitar 10 m (33 kaki) setiap tahunnya. Volume berkurang setengah sejak pengukuran pertama di 1851.


10. Gletser Antartika
Gletser muncul jutaan tahun yang lalu di kutub selatan. Mereka dibuat oleh salju banyak yang jatuh. Kemudian salju yang berubah menjadi es, dan es terbentuk. Kemudian ribuan tahun kemudian terbentuk gletser. Gletser hanya terdiri dari es, air, dan udara. Itu masih terjadi hari ini.

Ada dua jenis gletser: benua dan lembah. Gletser benua juga dikenal sebagai es, karena mereka sangat kental. Gletser lembah yang panjang dan sempit, mengisi lembah-lembah di pegunungan. Mereka memiliki berbagai ukuran, lokasi, dan bentuk. Gletser terbesar di dunia adalah 210.000 kaki tebal. Ini disebut topi es. Itu jauh lebih besar dari Menara Sears, yang merupakan sepuluh ton!

Gletser bergerak 30 sentimeter per hari. Mereka mencakup sebagian besar Antartika dan tahan 3/4 air dunia.Antartika ditutupi oleh 98% es, tetapi semua gletser akhirnya meleleh atau mencapai laut. Jika gletser mencapai laut itu bisa retak dan berubah menjadi gunung es. Ada air di bawah gletser, jika itu membekukannya berubah menjadi es. Itulah sebabnya Antartika dikenal sebagai Benua beku.

Demikian tadi ulasan mengenai Gletser terindah di dunia yang bisa sobat jadikan wawasan tambahan dan jangan lupa untuk stay tunerus bersama kami disini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Copyright © 2013. Gablenk - All Rights Reserved
In Collaboration With Cerita Dewasa | TV Dewasa
Modified by Babux Sandjaja | Powered by Blogger